RSS

Situs Sumur Tujuh Serang Banten

17 Agu

Situs sumur tujuh merupakan salah satu cagar budaya yang terletak di Kampung Pancuran Desa Lebakwana Kecamatan Kramatwatu Serang. Mungkin banyak warga Banten yang tidak mengetahui adanya situ budaya ini. Saya sendiri yang tinggal di Kramatwatu baru mengerti beberapa hari yang lalu bahwa ada situs budaya di lokasi ini. Menurut Dinas kebudayaan dan pariwisata Provinsi Banten Sumur tujuh sendiri merupakan sebuah tempat peziarahan berupa tempat pemandian atau biasa disebut dengan istilah pertirtaan. Tidak seperti namanya, sumur tujuh ini terdapat beberapa luang yang menyerupai sumur dengan diameter 0.5-1 meter yang letaknnya berdekatan dengan sebuah pohon beringin. Jumlah sesungguhnya lebih dari tujuh sumur, melainkan 26 buah, 19 sumur di sebelah utara dan 7 sumur di sebelah selatan. Menurut cerita jumlah sumur bisa berubah-ubah sesuai dengan kemampuan manusia yang dating ke lokasi ziarah. Tempat ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya para wali pada masa lalu untuk bertirakat dan mendekatkan diri pada Allah. Tidak banyak sumber cerita mengenai sejarah situs ini.

situs sumur tujuh

Pada malam jumat atau hari-hari tertentu banyak orang yang dating ke lokasi ini untuk berziarah. Di sana juga terdapat sebuah bangunan yang berisi sumur yang dinamakan sumur nyiwana. Konon sumur ini dipercaya memiliki khasiat tertentu yang dapat menyembuhkan penyakit. Banyak peziarah yang datang kesana untuk mengambil air, mandi atau sekedar wudhu dari sumur tersebut agar memperoleh khasiat dari air tersebut. Menurut pengakuan salah satu penjaga disana air dari sumur tersebut jika disimpan dalam botol tidak bau dan berlumut walaupun sudah satu tahun disimpan.

sumur nyiwanaSumur nyiwana

IMG_20150814_143118 IMG_20150814_142945

Pemandangan di area situs sumur tujuh

 

Kelemahan dari situs ini adalah lokasi ini memang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat. Bagi orang yang ingin ke sana menggunakan kendaraan roda empat harus memarkir mobilnya jauh dari lokasi dan dilanjutkan dengan jalan kaki. Kondisi jalan pun masih jalan setapak yang tidak beraturan. Banyaknya sampah berserakan di halaman luar situs ini juga sedikit mengganggu pemandangan dan kenyamanan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 17, 2015 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: