RSS

Cara menghilangkan noda luntur pada baju.

08 Jul

hal yang paling sebel saat mencuci adalah kalau mencuci tiba-tiba saat menjemur atau setelah disetrika kita baru sadar bahwa ada baju yang kelunturan. Menyebaaallllkan sekali, apalagi kalau baju itu baru. Untuk menghindari baju yang luntur harus berhati-hati dalam mencuci baju. Menghilangkan noda luntur pada baju tentu saja sangat sulit, dikucek dengan sangat kuat hanya akan membuang tenaga saja, tetapi tidak membuang noda yang ada di baju. Saya sering mengalami hal seperti ini, biasanya saya tidak berhati-hati dalam mencuci atau tidak tahu kalau ada baju yang mudah luntur, sehingga lunturnya itu mengenai baju lain. Seringnya baju yang kena luntur itu adalah baju kesayangan saya, kalau baju tidur yang kena luntur sih tidak begitu masalah bukan?. Berbagai cara sudah saya lakukan dengan mengucek sekuat tenanga, merendam baju itu dengan deterjen yang banyak, atau kalau untuk baju outih saya rendam dengan bayclin, tapi usaha itu semua sia-sia.
Akhirnya saya mengetahui cara untuk menghilangkan noda yang luntur pada baju, caranya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan deterjen dan micin.
2. Tuangkan deterjen sedikit saja ke ember, lalu campur dengan micin (MSG). Takaran micin harus lebih banyak dibandingkan dengan deterjen. untuk takarannya dikira-kira saja disesuaikan dengan baju yang mau dihilangkan noda lunturnya.
3. siapkan air panas/hangat.
4. tuangkan air panas/hangat ke dalam ember yang udah ada campuran deterjen dan micin.
5. masukkan baju ke ember yang mau dicuci.
6. Diamkan beberapa saat sampai air dingin agar bisa dicuci.
7. setelah air dingin, dicuci sebentar.
8. Lalu dicuci lagi dengan deterjen lagi (yang ini tanpa micin ya), gunanya untuk menghilangkan micin yang mungkin saja menempel pada baju.
9. bilas, kemudian jemur.

itu adalah tahap-tahap untuk menghilangkan noda luntur. Selama saya mencoba cara ini, selalu berhasil dalam menghilangkan noda luntur. Semoga cara ini juga berhasil untuk anda. Untuk menghindari noda luntur, saya sarankan untuk berhati-hati dalam mencampurkan baju yang ingin dicuci. Anda harus tahu mana baju anda yang luntur dan tidak. Baju yang luntur harus dipisahkan tersendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

 
22 Komentar

Posted by pada Juli 8, 2011 in Uncategorized

 

Tag: , , ,

22 responses to “Cara menghilangkan noda luntur pada baju.

  1. indah

    Februari 1, 2012 at 1:40 pm

    Love it.
    Thanks :)

     
    • afi

      April 26, 2012 at 2:15 pm

      apa cara ini juga berlaku pada baju bermotif??
      warna dasarnya bukan putih, tapi krem bercorak ungu bulat2..

       
  2. ♔Faramita A Al Amri♔ (@MithaAlAmri)

    Maret 28, 2012 at 1:03 pm

    makasieh sarannya, mudah2an berhasil :)

     
  3. Nenny Latifah

    Maret 31, 2012 at 7:07 am

    aq dah coba cara di atas,, tpi ngga berhasil.. :( baju merah qu kena luntur dari celana jeans hitam qu..

    tolong doonkkk cara yg ampuh nya… :)

     
  4. mama

    April 29, 2012 at 11:54 am

    saya gagal :( panik panik panik.. punya tips lain…??

     
  5. Ezha Aprillia Dhiafakhri

    April 30, 2012 at 12:58 am

    Ini beneran?

     
  6. RUANG BEBAS

    Mei 6, 2012 at 1:01 pm

    maaf baru bisa balas koment kalian semua,
    Afi : saya belum pernah mencoba untuk baju bermotif,

    Nenny: maaf sebelumnya saya juga terkadang mencoba cara di atas kurang berhasil, saya baru sadar ini dapat berhasil jika baju yang terkena luntur dalam kasus taraf ringan. Biasanya saya mengakali baju yang sudah terkena luntur agar bisa dipakai lagi dengan cara mengubah warna baju tersebut dengan pewarna batik agar yang kelunturan tersebut bisa tertutupi walaupun resikonya warna bajunya jadi berubah :)

    Mama : tips lainnya sama seperti yang saya berikan ke mbak nenny :)

    Ezha : dalam kasus tertentu ini berhasil. Bisa juga digunakan untuk menghilangkan warna kuning di bagian ketiak baju.

     
  7. karlina_irawan90@yahoo.com

    Mei 28, 2012 at 12:16 pm

    Kalau baju saya polkadot trus kena luntur warna merah bisa juga kan? Klw ada yg bilng pake cuka bisa ga ?

     
  8. Andre

    Juni 30, 2012 at 2:17 pm

    Apa proses ini bisa untuk Jersey Bola?

     
  9. Wirduno

    Juli 25, 2012 at 5:00 pm

    Permisi….numpang urun rembug ya…..saya punya produk baru yang mudah2an bisa membantu….bagi yang berminat bisa menghubungi/SMS saya di 087773855557 (Wir) – saya juga bersedia memberikan sample

     
  10. yuniar rachman

    Agustus 27, 2012 at 10:37 pm

    Assalamu,alaikum,. mf nanya, apa saran in jg bs di gunakan pada bju btik krn gni bju batik aku akn warnx orange tp pd bgian kerah leher n prgelangn tangan wrnax hjau.. n trxta warna hjaux it lntur jd kena dch pd bgian belakng yg wrna orange. mhon jwbnx ya, mkzh

     
  11. yansah

    September 4, 2012 at 12:15 pm

    Terima kasih.. :)

     
  12. clalukaka

    Oktober 31, 2012 at 9:49 am

    haduh, belum berhasil :( padahal baju olah raga saya satu-satunya.. :(

     
  13. nvta

    November 16, 2012 at 1:03 pm

    kalau n0da lunturnya dkat wrna htam gmana? wrna htamnya iktan ilang atau luntur ga?

     
  14. ninkchi

    Desember 26, 2012 at 3:50 am

    baju saya warna cream kelunturan sama jilbab warna merah….jadi ada noda merahnya….warna creamnya pudar ngak

     
  15. littletuyul

    Maret 6, 2013 at 3:49 pm

    udah saya coba tapi tetep aja gak bisa. . . . ada solusi lain gak ya?

     
  16. iyasnj

    Maret 23, 2013 at 2:39 am

    kalau bisa menghilangkan noda pada baju saya akan mengucapkan banyak banyak terima kasih

     
  17. nanda

    Mei 31, 2013 at 1:05 pm

    terimakasih ia resep naa,,,

     
  18. amel

    Juni 5, 2013 at 11:22 am

    Makasi bgd, infonya sangat membantu :)

     
  19. zulhaidir

    Agustus 17, 2013 at 1:25 am

    terima kasih, mudah2an b’hasil. Bgmn m’bersihkan noda semen yg menemopel pada baju? Tksh banyak atas saran2nya.

     
  20. riieka

    November 19, 2013 at 8:26 am

    baju sya wrna ptiih klntr.n jeans wrna cklat gmna cra mnghlngkan.a ?

     
  21. RUANG BEBAS

    November 27, 2013 at 8:48 am

    Mohon maaf baru bisa membalas semua komentar yang ada disini. Menurut pengalaman saya, yang pernah saya coba menggunakan cara di atas untuk baju putih yang terkena noda kelunturan berwarna kuning dan menghilangkan bekas ketiak pada baju putih. Tetapi jika cara di atas tidak berhasil mungkin bisa dijadikan baju dengan warna lain atau disepuh dengan warna lain sehingga dapat digunakan kembali tetapi dengan warna yang berbeda. terima kasih

     

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

